Search

Asuransi Kesehatan Traditional vs Unit Link

Updated: Aug 8




Jangan beli unit link !!!!

bagi para pelaku asuransi pasti sering mendengar kalimat seperti ini.


banyak orang memperdebatkan mana sih yg lebih baik antara asuransi tradisional dengan asuransi unit link dalam membeli asuransi kesehatan. kenapa asuransi kesehatan? karena asuransi kesehatan biaya asuransinya akan selalu naik setiap tahun seiring bertambahnya usia.


sebenarnya tidak ada yg lebih baik antara asuransi traditional maupun asuransi unit link. balik-balik tergantung dari kebutuhan si calon Nasabah serta kemampuan financial nya.


maksudnya apa? biar para netizen mengerti biar saya jelaskan apa sih kelebihan dari masing2 produk tersebut dari berbagai sudut pandang.


Pertama mari kita bahan dari sisi Premi. asuransi tradisional memang memiliki premi yg lebih rendah dibandingkan dengan asuransi unit link dikarenakan asuransi tradisional hanya membayar biaya asuransi saja sedangkan asuransi unit link preminya selain digunakan untuk membayar biaya asuransinya nasabah juga memiliki cadangan nilai tunai yg terbentuk dari selisih antara premi dan biaya2 yg ada.


premi asuransi tradisional akan naik tiap tahun seiring pertambahan usia karena premi yg dibayar merupakan biaya asuransinya. karena tidak memiliki nilai tunai maka tidak ada cadangan dana yg bisa mencegah premi naik.

premi asuransi unit link cenderung bisa lebih flat alias tidak terjadi kenaikan premi kecuali karena adanya kondisi khusus. kenapa premi tidak naik karena asuransi unit link biasanya besarnya premi jauh melebihi besarnya biaya asuransi sehingga selisihnya akan membentuk tabungan yg banyak. ketika suatu saat di usia lanjut biaya asuransi melebihi premi maka kekurangan premi tersebut akan diambil dari nilai tunai yg sudah terbentuk sehingga premi tidak perlu naik selama nilai tunai masih ada. oleh karena itu sangat tidak diharapkam utk menarik nilai tunai yg sudah terbentuk serta jangan pernah berhenti membayar premi selama masih sanggup agar cadangan nilai tunainya makin besar.


Kedua mari kita bahas mengenai fasilitas Cuti premi / Premium Holiday.

Fasilitas cuti premi adalah Fasilitas yg diberikan oleh perusahaan asuransi khusus untuk asuransi unit link dimana ketika nasabah suatu saat mengalami masalah keuangan sehingga tidak sanggup bayar premi maka polis akan tetap aktif walau premi tidak dibayar, dengan catatan nilai tunai masih ada dan sudah memenuhi kondisi masa cuti premi. kondisi lain yg mungkin menyebabkan tidak terbayarnya premi yg bisa terjadi adalah jika kartu kredit yg digunakan untuk auto debet sudah kadaluarsa dan tidak melakukan update kartu baru atau rekening bank sedang tidak ada dana nasabah tidak menyadarinya.


kalau hal ini terjadi di asuransi tradisional maka polis akan langsung lapse alias polis tidak aktif dan akan menjadi fatal akibatnya jika dalam keadaan lapse tiba2 terjadi resiko yg tidak diinginkan.


Ketiga kita akan membahas mengenai manfaat Payor atau di asuransi umum kita kenal dengan istilah Premium of Waiver alias manfaat pembebasan premi jika terjadi sakit kritis atau cacat tetap total atau jika tertanggung anak2 dan orang tuanya sebagai terganggung tambahan meninggal dunia. Manfaat ini hanya ada di asuransi unit link akan tetapi sifatnya opsional alias adanya tambahan premi jika ingin memiliki proteksi ini.

Asuransi traditional tidak memiliki manfaat ini oleh karena itu walau nasabah sakit kritis nasabah tetap harus bayar premi jika tidak maka polis akan lapse.


keempat mari kita bahas target market.

target market asuransi unit link adalah orang yg akan menggunakan proteksi untuk jangka panjang dan secara financial lebih baik.

Asuransi traditional akan lebih cocok untuk mereka yg dananya terbatas atau karyawan kontrak yg jangka waktu kerjanya mungkin hanya 3-10 th an. karena suatu saat akan berhenti kerja dan asuransinya dapat dihentikan setiap saat.


nah sekarang netizen bisa melihat dari beberapa hal diatas bahwa masing2 produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2. jadi tidak ada yg lebih baik dan tidak ada yg lebih buruk. dengan pembahasan ini semoga netizen bisa semakin mengerti mengenai asuransi. selamat memilih.ekurangannya masing2. jadi tidak ada yg lebih baik dan tidak ada yg lebih buruk. dengan pembahasan ini semoga netizen bisa semakin mengerti mengenai asuransi. selamat memilih.



by Pendi Wongso


Senior Agency Director


onevision Agency

21 views0 comments

Recent Posts

See All